Resume perkuliahan Manajemen Pemasaran
Jasa
Pertemuan ke-13; 26Mei 2014; IDB I
lt.4; 10:16 WIB
Pada pertemuan kali ini, 26 mei 2014, perkuliahan dimulai lebih awal dari biasanya. Dosen kami, Pak Amril, menjelaskan mengenai materi yang berkaitan dengan Perilaku Konsumen dan membahas tentang TQM. Perkuliahan diawali dengan bahasan yang pertama, yaitu Perilaku Konsumen. Berikut Penjelasannya...
Pengertian perilaku konsumen dijelaskan menurut beberapa ahli seperti David L. Loudon & Albert J. Della Bitta, James F. Engel, Gerald Zaltman Melanie Wallendorf. Lalu disimpulkan bahwa Perilaku konsumen merupakan tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang atau jasa yang dipengaruhi oleh lingkungan.
Perilaku konsumen yang beragam disebabkan oleh kebutuhan konsumen yang beragam pula. Menurut Abraham Maslow, kebutuhan manusia tersusun dalam hierarki, dari yang paling mendesak sampai yang paling kurang mendesak. Berdasarkan urutan tingkat kepentingannya, kebutuhan-kebutuhan tersebut adalah kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan rasa memiliki, kebutuhan akan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri. Sedangkan David Mc Clelland merumuskan terdapat 3 kebutuhan manusia yaitu: Need for achievement , kebutuhan untuk mencapai suatu keberhasilan. Need for affiliation, kebutuhan dipenuhi demi kepentingan kelompok. Need for Power, adanya keinginan untuk mempengaruhi dan memimpin orang lain karena dinilai memiliki kekuatan untuk melakukan hal tersebut.
Masih dalam bahasan Perilaku konsumen, Pak Amril juga menjelaskan mengenai motif konsumen (Motif yang sekarang dikenal dengan sebutan Motivasi). Motif Konsumen dijelaskan menurut beberapa ahli, seperti Abraham Sperling, William J. Stanton dan, Fillmore H. Stanford. Dapat disimpulkan bahwa Motif merupakan suatu bentuk atau suatu alasan yang membuat manusia melakukan suatu hal tertentu.
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Diantaranya:
- Kekuatan sosial budaya: Perilaku individu dipengaruhi oleh lingkungan dan budaya sekitarnya.
- Psikologis: Seseorang akan merasa bangga bila membeli suatu produk tertentu, misalnyamahasiswa lebih suka tidak memakai seragam.
- Sikap dan Keyakinan: sebuah keyakinan seseorang untuk melakukan atau membeli sesuatu
- Konsep diri : Termasuk dalam konsep diri secara fisik dan moral.
Beberapa hal yang mempengaruhi TQM: Proses produksi, Kemampuan produk, Layanan konsumen, System dan manajemen, Teknologi dan informasi, responsifitas penjual terhadap keluhan pelanggan, serta Jaringan komunikasi.
Dalam pemasaran, terdapat pula Kode etik pemasaran, yaitu:
- Tanggung jawab pemasaran
- Tingkah laku pemasaran professional
- Kejujuran dan keadilan
- Hak dan kewajiban pihak-pihak yang terlibat dalam proses penukaran pemasaran
Itulah sedikit penjelasan yang saya terima pada perkuliahan di hari ini....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar