Resume perkuliahan Manajemen Pemasaran
Jasa
Pertemuan ke-12; 19 Mei 2014; IDB I
lt.4; 11:56 WIB
Promosi = komunikasi pemasaran
Menentukan
bauran promosi: bagaimana menyampaikan pesan ataupun informassi terkait produk yang akan
dipasarkan terhadap pelanggan.
A. Periklanan (Advertising): segala biaya yg harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang atau jasa.
Keputusan penting dalam periklanan;
A. Periklanan (Advertising): segala biaya yg harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang atau jasa.
Keputusan penting dalam periklanan;
- Penetapan tujuan: tujuannya harus jelas. Tujuan komunikasi, tujuan penjualan. Member informasi, membujuk, mengingatkan
- Keputusan anggaran: pendekatan sesuai kemampuan penjualan menyamai pesaing tujuan&tugas. Yang harus dipertimbangkan: tahapan didalam PLC, pangsa pasar, persaingan dan kesemrautan, frekuensi periklanan, diferensiasi produk
- Strategi iklan: penciptaan pesan iklan, penyeleksian media. Langkah dlm menyeleksi media: jangkauan frekuens dan dampak, tipe media utama, wahana media, waktu penayangan
- Evaluasi periklanan
- Mengorganisasikan periklanan
-> Insetif jangka pendek untuk mendorong
pembelian atau penjualan dari suatu produk atau jasa
Keputusan penting dlm promosi penjualan
- Menentukan tujuan promosi
- Menyeleksi alat alat promosi penjualan
- Menyusun program promosi penjualan
- Melaksanakan pra pengujian terhadap program promosi penjualan
- Melaksanakan dan mengendalikan program promosi penjualan
- Evaluasi hasil penjualan
-> Membangun hubungan yg baik dengan
berbagai public perusahaan yang dicapai dengan memperoleh publisitas yang
menguntungkan, membangun citra korporasi dan menangani atau mengatasi rumor
yang tidak menyenangkan, serta membangun image.
Keputusan utama hubungan masyarakat:
- Menetapkan tujuan humas
- Memilih pesan dan wahana masyarakat
- Mengimplementasikan
-> Kekuatan si penjual untuk membuat konsumen
membeli produk. Dengan kekuatan pribadinya inilah, penjual mempengaruhi orang lain untuk membeli segala jenis produk/jasa yang ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar