Rabu, 21 Mei 2014

Bauran Promosi

Resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa
Pertemuan ke-12; 19 Mei 2014; IDB I lt.4; 11:56 WIB

Promosi = komunikasi pemasaran
Menentukan bauran promosi: bagaimana menyampaikan pesan ataupun informassi terkait produk yang akan dipasarkan terhadap pelanggan.  

A. Periklanan (Advertising): segala biaya yg harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang atau jasa.  

Keputusan penting dalam periklanan;
  1. Penetapan tujuan: tujuannya harus jelas. Tujuan komunikasi, tujuan penjualan. Member informasi, membujuk, mengingatkan 
  2. Keputusan anggaran: pendekatan sesuai kemampuan penjualan menyamai pesaing tujuan&tugas. Yang harus dipertimbangkan: tahapan didalam PLC, pangsa pasar, persaingan dan kesemrautan, frekuensi periklanan, diferensiasi produk 
  3. Strategi iklan: penciptaan pesan iklan, penyeleksian media. Langkah dlm menyeleksi media: jangkauan frekuens dan dampak, tipe media utama, wahana media, waktu penayangan 
  4. Evaluasi periklanan 
  5. Mengorganisasikan periklanan 
B. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
-> Insetif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu produk atau jasa

Keputusan penting dlm promosi penjualan 
  • Menentukan tujuan promosi 
  • Menyeleksi alat alat promosi penjualan 
  • Menyusun program promosi penjualan 
  • Melaksanakan pra pengujian terhadap program promosi penjualan 
  • Melaksanakan dan mengendalikan program promosi penjualan 
  • Evaluasi hasil penjualan 

C. Hubungan Masyarakat (Public Relation)
-> Membangun hubungan yg baik dengan berbagai public perusahaan yang dicapai dengan memperoleh publisitas yang menguntungkan, membangun citra korporasi dan menangani atau mengatasi rumor yang tidak menyenangkan, serta membangun image.

Keputusan utama hubungan masyarakat: 
  1. Menetapkan tujuan humas 
  2. Memilih pesan dan wahana masyarakat 
  3. Mengimplementasikan 
D. Penjualan Pribadi (Personal Selling)
-> Kekuatan si penjual untuk membuat konsumen membeli produk. Dengan kekuatan pribadinya inilah, penjual mempengaruhi orang lain untuk membeli segala jenis produk/jasa yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar