Minggu, 11 Mei 2014

Keputusan Harga

Resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa
Pertemuan ke-10; 5 Mei 2014; IDB I lt.4; 12:02 WIB

Pada pertemuan hari ini, dosen kami, Pak Amril menyampaikan materi yang berkaitan dengan keputusan harga, berikut resumenya...
 
Harga/Price merupakan sejumlah uang yang dikenakan terhadap suatu produk/jasa  untuk mendapatkan manfaat yang dapat ditukarkan oleh konsumen.
Beberapa pertimbangan dalam menentukan keputusan harga:
  1. Factor internal: tujuan pemasaran, strategi buaran pemasaran (terkait produk dan tempat menjualnya), Biaya, serta pertimbangan organisasi .
  2. Factor eksternal: pasar dan permintaan, persaingan, serta factor lainnya (ekonomi, penjualan kembali, kebijakan pemerintah)
Menentukan kebijakan penetapan harga:
  • Permintaan disasar pasaran: permintaan banyak barang terbatas, harga tinggi 
  •  Strategi bisnis dan pemasaran: dilihat dari segmennya 
  • Diferensiasi produk:produk dibedakan sesuai dengan tingkat kemampuan beli pelanggan 
  • Harga pesaing: menurunkan harga jika ingin menarik pelanggan dari pesaing. (image lebih rendah atau tinggi)
  •  Harga barang substitusi 
  • Biaya produksi 
Beberapa Pendekatan dalam menetapkan harga
1. Cost based pricing 
    Menambah laba terhadap biaya suatu produk. 
    Unit cost= variable cost+fixed cost/unit sales 
    Markup price= unit cost/(1-desired return on sales)
 
2. Break even analysis and target profit pricing
Menetapkan harga untuk mencapai titik impas dalam membuat da memasarkan suatu produk/menetapkan harga dalam mencapai target profit. 
 Volume: fixed cost/price-variable cost.  
 
3. Value based pricing 
Menetapkan harga berdasarkan oersepsi pembeli terhadap suatu nilai disbanding dg biaya penjual 
Cost-based pricing: product->cost->price->value->customer 
Value-based pricing: customer->value->price->cost->product
  
4. Competition based prising
Menetapkan harga berdasarkan harga yang ditetapkan pesaing untuk jenis produk yg serupa. Memperhatikan dengan baik persaingannya 
 
Strategi penetapan harga produk baru:
  • Market-skimming pricing: menetapkan harga yang tinggi untuk produk baruuntuk mendapatkan pendapatan maksimum-> fewer but more profitable sales
  • Market-penetration pricing: menetapkan harga yang rendah untuk produk baru untuk menarik pembeli yg banyak
Strategi penyesuaian harga

Strategi
Deskripsi
Discount and allowance pricing
Mengurangi harga untuk memberikan penghargaan kpd konsumen
Segmented Pricing
Menyesuaikan harga terhadap pelanggan, produk, atau lokasi yang berbeda
Psychological Pricing
Menyesuaikan harga terhadap efek psikologis
Promotional pricing
Mengurangi harga sementara untuk meningkatkan penjualan jangka pendek
Geographical Pricing
Menyesuaikan harga sesuai dengan letak geografis/ letak konsumen
International pricing
Menyesuaikan pasaran internasional
 
Penetapan harga diskriminasi 
  1. Segmen pelanggan
  2. Bentuk produk 
  3. Lokasi 
  4. Waktu: weekend/weekday
Penetapan harga psikolog 
A. 200 ml -> 20rb 100
B. 175ml -> 18.900 126/unit 
Pertimbangan: lebih menarik? Nilai lebih baik? Psikologi harga?

Penetapan harga promosi
  • Kepemimpinan harga merugi (supermarket) 
  • Penetapan harga untuk event special
  • Potongan harga 
  • Pembiayaan bunga rendah
  • Pembayaran jangka panjang
  • Garansi&pelayanan
  •  Diskon psikologis
Pertimbangan dasar keputusan harga untuk dipasarkan diluar home country
  • Apakah harga mencerminkan kualitas?
  • Apakah harga kompetitif?
  • Apakah perusahaan harus menjalankan market penetration, market skimming atau tujuan lainnya? 
  • Apakah harga harus berbeda bagi segmen yang berbeda? 
  • Tipe discount dan allowance yg harus ditawarkan?
Market holding merupakan strategi yg digunakan oleh perusahaan yg ingin mempertahankan pangsa pasar. Dalam pasar global terjadi disebabkan karna fluktuasi nilai mata uang yg menyebabkan harus diadakannya penyesuain harga.
Pengaruh lingkungan terhadap keputusan harga:
  • Fluktuasi nilai mata uang
  • Klausul nilai tukar
  • Penetapan harga diwilayah yg mengalami inflasi 
  • Campur tangan dan subsidi pemerintah 
  • Perilaku pesaing
  • Hubungan harga dan kualitas
Transfer pricing ialah penetapan harga dr produk/jasa yg dibeli atau dijual oleh unti operasi atau divisi dari perusahaan yg sama. Contoh: Toyota
3 pendekatan alternative:
  1. Cost-based transfer pricing
  2. Market-based transfer pricing 
  3. Negoitated

Tidak ada komentar:

Posting Komentar