Resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa
Pertemuan ke-3; 24 Februari 2014
Pada pertemuan yang ketiga ini, pak Amril memulai topik melalui powerpoint yang berisikan tentang....
Lingkungan Pemasaran mempengaruhi kemampuan untuk membangun transaksi
yang sukses dengan target konsumen. Bisa dipengaruhi oleh internal dan
eksternal.
Lingkungan Pemasaran terdiri dari :
1. Micro environment : kekuatan yang paling dekat dengan perusahaan yang langsung mempengaruh dan memberikan pelayanan perusahaan terhadap konsumen. Yang termasuk dalam lingkungan micro ialah perusahaan itu sendiri,
supplier, dan jaringan pemasaran.
The Company
- Top management: pejabat yang mempengaruhi
- Finance: keuangan
- Riset&Development: membuat produk baru
- Purchasing: pembelian barang yang tidak tepat waktu, kualitas yang tidak memadai.
- Manufacturing: produksi barang
- Accounting: pembukuan, daftar infentaris, jadwal, proses kerja
Suppliers
-> Mereka yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk
memproduksi barang dan jasa.
- Watch supply availability
- Memeriksa harga
Marketing Intermediaries (perantara)
-> Merupakan perusahaan yang membantu lembaga untuk
mempromosikan, menjualkan, dan mendistribusikan barang sampai kepembeli akhir.
Mencakup menjual kembali, perusahaan distribusi fisik, marketing agen jasa, dan
lembaga keuangan.
Customer
- Customers Markets: pelanggan dipasar
- Bussines Markets: pengusaha untuk membuka bisnis
- Reseller Markets: pengusaha kecil yang menjual kembali barang yang dibeli
- Government Markets: penjual barang (seperti bis, peralatan, dsb) ke pemerintah
- International Markets: barang-barang yang dijual untuk ekspor
Public
- Financial Public:
- Media Public: media mempengaruhi citra seseoraang
- Government Public: yang membuat kebijakan
- Citizen-action Public: mahasiswa yang demo ataupun aksi masyarakat baik positif atau negative
- Local Public: masyarakat sekitar
2. Macro Environment: kekuatan sosial yang lebih luas yang
mempengaruhi keseluruhan lingkungan micro.Yang termasuk dalam lingkungan macro ialah sesuatu yang dialami,
ekonomi, teknologi, politik, dan sebagainya.
Demografi Environment
- Size: ukuran
- Density: kerapatan. Makin banyak masyarakat yang tinggal (yang akan menajdi konsumen) maka makin besar peluang marketing
- Location: lokasi yang strategis menentukan mulus tidaknya pemasaran
- Age: usia-> menentukan kepada siapa barang-barang akan dijualGender: kelamin-> jenis barang yang berbeda untuk setiap jenis kelamin
- Race: ras-> kebutuhan masing-masing suku yang berbeda
- Occupation: pekerjaan-> penghasilan seseorang akan menentukan kepada siapa barang akan dijual
- Other Statistic: data statistic yang lain (tinggi badan, berat badan, dsb)
Economic Environment
-> Kekuatan daya beli. Potensi menghasilkan transaksi
- Buying power: kekuatan untuk membeli
- Spending pattern: pola mengelola dan mengeluarkan uang
Natural Environment
- Shortages of raw materials: barang yang disimpan, berapa lama akan bertahan
- Increased cost of energy: kenaikan biaya (listrik, gas)
- Increased pollution: polusi
- Government intervention in natural resources management: intervensi pemerintah mengenai sumber daya
Technology Environment
- New technology: teknologi terbaru
- Creating new product: produk yang harus terus diperbaharui
- Market opportunities: peluang pasar, selalu lihat tren pasar terbaru
- Fast pace of technology change: kecepatan perubahan teknologi
- High Riset&Development budgets: anggaran yang diperlukan untuk Riset&Development
- Concentration on minor improvement: hal kecil tetap diperhatikan, lalu diperbaiki
- Increased regulation:
Political Environment
- Laws: hukum
- Government: pemerintah
- Pressure Group: grup/kelompok yang bisa menekan
- Legislation regulating bussines: pengawas bisnis
- Changing Government:
Cultural Environment
- Persistence of cultural value: ketekunan, budaya yang kuat, menjaga nilai-nilai budaya dengan ketekunan
- Shift’s in secondary cultural value: kesiapan untuk memiliki budaya lebih dari Satu
- People’s views of themselves
- People’s views of other
- People’s views of organizations
- People’s views of society
- People’s views of nature
- People’s views of universe
Pekerjaan dalam mengelola marketing adalah masuk dan
mempengaruhi serta mebangun hubungan dengan konsumen serta bagaimana membuat
nilai bagi konsumen dan kepuasannya. Tetapi, seorang marketing manajer tidak
bisa bekerja sendiri dalam menyelesaikan tugasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar