Sabtu, 08 Maret 2014

Konsep Dasar Manajemen Pemasaran

Resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa
Pertemuan ke-2; 17 Februari 2014; 11:27

Untuk pertama kalinya, setelah saya belajar, saya harus menuliskan kembali apa yang saya dapatkan. Ini seru:) postingan ini adalah catatan pada pertemuan kedua, matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Yaitu Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd yang hangat disapa pak Amril, dosen yang memberikan ilmunya kepada saya dan teman-teman MP lainnya untuk mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan untuk satu semester kedepan. Berikut materi yang saya tangkap dari pertemuan kedua ini.....
 
Mengapa perlu mempelajari marketing? 
-> Banyak faktor  yang mempengaruhi sukses/tidaknya sebuah bisnis. Fokus terhadap apa yang dibutuhkan costumer/pelanggan dan mempunyai komitmen yang kuat dalam marketing. Oleh sebab itu, dengan belajar marketing kita diharapkan mampu menguasai hal tersebut.
-> Perusahaan berbagi dan berdedikasi untuk mengerti dan memuaskan pelanggan yang menjadi target market.
-> Perusahaan memotivasi dalam organisasi dalam menciptakan nilai-nilai unggul untuk pelanggan. Bagaimana menjadi pemimpin untuk berada pada level tertinggi kepuasan pelanggan.

Marketing?
Sebuah proses sosial (proses yang dilakukan oleh manusia) dan manajerial (secara terencana) yang dilakukan oleh individu dan kelompok, menawarkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan dengan membuat dan bertukar produk dan nilai satu sama lain.

Kebutuhan-> states of felt deprivation-> harus dipenuhi
Keinginan-> dipengaruhi budaya dan keinginan individu
Product-> sesuai yang bisa ditawarkan ke pasar (transaksi&komunikasi) untuk diperoleh, digunakan, atau dikonsumsi, yang dapat memuaskan kebutuhan/keinginan termasuk yang bersifat fisik, service, seseorang, tempat, organisasi, maupun ide.
Product terbagi dua, yaitu: goods (tangible)-> barang, sesuatu yg bisa dilihat dan service (intangible)-> bersifat abstrak

Konsep Manajemen Pemasaran Jasa:
  • Nilai: seseorang akan membeli sesuatu ketika sesuatu itu mempunya nilai
  • Kepuasan: sesuatu (barang/service) yang ditawarkan harus bisa memuaskan pelanggan
  • Kualitas: seseorang akan tertarik dan membeli barang/service yang berkualitas
  • Pertukaran: konsep ‘uang tidak pernah bohong’ dalam artian, ketika seseorang membeli barang dengan harga mahal, maka orang tersebut akan menerima barang sesuai dengan uang yang dikeluarkan.
  • Transaksi: kesepakatan dan tawar menawar antara penjual dan pembeli
  • Hubungan: pelayanan dan komunikasi antara  penjual dan pembeli
 
Filosofi Manajemen Pemasaran:
  1. Production Concept: perusahaan yang memikirkan agar barang/service bisa dibeli dimana saja. Contoh: NF, MC
  2. Product Concept: produk yang diciptakan harus bagus dan berkualitas. Contoh: ferary, handmade
  3. Selling Concept: seseorang akan membeli sesuatu jika diiklankan. Semakin banyak promosi, maka semakin besar daya tarik pembeli.
  4. Marketing Concept: perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan. Sebuah perusahaan harus tau kapan dan dimana barang itu akan dipasarkan.
  5. Societal Marketing Concept: suatu produk yang member efek positif bagi masyarakat. Contoh: perusahaan Lifeboy yang mengajarkan anak-anak untuk memncuci tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar