Minggu, 09 Maret 2014

Segmentasi & Targeting Pasar Jasa Pendidikan

Resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa

Pertemuan ke-4; 3 Maret 2014: selasar daksinapati lt.1


Pada pertemuan ke empat ini, Pak Amril tidak sendirian, beliau ditemani oleh senior saya, yaitu kak Sarah dan kak Tika. Sebenarnya suasana belajar pada pertemuan ini sedikit kurang nyaman dari biasanya, karna suasana tempat belajar yang kurang kondusif dan beda sekali cara penyampaian kedua senior saya dengan Pak Amril, ya jelas, terlihat masih sedikit grogi dan ragu sehingga harus membuat fokus dan konsentrasi saya harus dilipat gandakan. Berikut pemaparan yang dijelaskan oleh kedua senior saya tersebut.


Strategi Pemasaran: segmentasi, targeting, dan possisioning

Segmentasi:

  • Pengelompokkan, yaitu pembagian pasar ke kelompok-kelompok berdasarkan criteria tertentu. Proses pembagi pasar keseluruhan, berbentuk produk kekelompok kecil yang memiliki persamaan. 
  • Upaya pengelompokkan pasar (konsumen) menjadi kelompok berdasarkan criteria yang mempengaruhi permintaan.
Tujuan-> untuk merancang strategi dan meningkatkan penjualan

Dalam proses Segmentasi pasar, ada 4 macam pembagian criteria, yaitu:

  1. Demografis: variabel usia, jenis kelamin, pekerjaan, dll 
  2. Psikografis: personality seseorang, gaya hidup, dsb
  3. Geografis: unit geografi, wilayah, Negara 
  4. Perilaku: perilaku terhadap kejadian dan antusiasme terhadap sesuatu 
Pengelompokkan->evaluasi->targeting
Targeting:
merupakan sebuah sasaran dan sesuatu yang akan dituju. Dalam menentukan targeting maka dilakukan beberapa survey untuk dapat mengetahui keadaan pasar nantinya, agar ketika proses pemasaran tidak salah sasaran.

Pasar sasaran: 
  1. Jangka pendek: akan dijangkau dalam waktu dekat. 
  2. Masa depan: dijangkau dalam waktu 3-5 tahun 
  3. Primer: sasarannya produk perusahaan
  4. Sekunder: sasarannya ialah konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar