Jumat, 03 Oktober 2014

Pendekatan dan Sasaran Pelatihan

Resume perkuliahan Manajemen Pelatihan

Pertemuan ke-3; 28 September 2014; 09:00 WIB

Pada pertemuan hari ini, Pak Amril menjelaskan tentang pendekatan pelatihan dan sasaran  pelatihan, berikut hasil resume pertemuan hari ini:

Pendekatan Latihan: Pendekatan berbasis pada siapa yang akan dilatih kemudian di jelaskan apa saja tentang pendekatan yang berbasis pada siapa yang akan dilatih.
  • Pendekatan tradisional: orang belum tahu apa-apa lalu diperlukan adanya suatunya pelatihan, pada pendekatan ini fokus ditujukan terhadap intervensi staf
    • Preservice training: pelatihan karena seseorang belum mengetahui apa apa 
  • Pendekatan Modern: orang punya kemampuan awal, materi didasarkan dari apa yang dibutuhkan, belum kerja atau sudah kerja tetapi sudah memiliki pengetahuan awal
    • Inservice training: pelatihan saaat seseorang udah mempunyai jabatan tertentu
Ada pula pendekatan lainnya dalam pelatihan, yaitu:
  1. Experiental: menggunakan teknik simulasi yang disesuaikan dengan situasi kerja 
  2. Berbasis kinerja: ditinjau tingkat kemahiran/kemampuan dalam melakukan pekerjaan 
  3. Neuro Linguistiq Programming: peningkatan kemampuan manajer sebagai transformer namun dalam pendekatan ini masih dalam perdebatan
Sasaran Pelatihan
  • Individu: pencapaian sasaran individu yang pada akhirnya akan memberikan pencapaian dalam perusahaan/organisasi, dia yang pengen jadi peneliti 
  • Organisasi: indvidu tidak terlihat, organisasi ditonjolkan, berapa target 
  • Berdasarkan fungsi: berdasarkan targetnya, organisasi berkontrubusi terhadap target 
  • Berdasarkan kemasyarakatan: berkaitan dengan etika organsasi dan tanggung jawab social.
Pelatihan dilakukan agar dapat, bagaimana meningkatkan performance, knowlage, skill, attitude serta mengubah sikap dan perilaku yang akan ditampilkan didunia kerja
  • bukan berbicara tentang apa yang kau butuhkan dalam hidup, tetapi bagaimana kamu tau caramendapatkannya 
  • bukan kemana kau akan pergi, tetapi bagaimana kau tahu cara pergi kesan 
  • bukan seberapa tinggi kau akan menjangkau, tapi bagaimana agar bisa memperlihatkan kau menggapainya
Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan
  1. Membantu untuk mengoptimalkan pemanfaatan tenaga kerja
  2. Menyediakan peluang untuk peningkatan secara teknis maupun keterampilan  tenaga kerja
  3. Meningkatkan kemampuan  keterampilan kerja disetiap tingkatannya
  4. Meningkatkan produktivitas dalam produktivitas yang dihasilkan
  5. Pengembangan atau peningkatan semangat kelompok
  6. Budaya organisasi, pelatihan mengenai tata cara bergaul dan etika dalam bekerj
  7. Iklim organisasi, perasaan positif terhadap organisasi
  8. Meningkatan kualitas kerja
  9. Hubungan yang baik antar karyawan atau karyawan ke atasan
  10. Meningkatkan kesehatan dan keselamatan
  11. Meningkatkan moral
  12. Membuat image & profitability
  13. Membantu pengembangan organisasi, membantu memahami kebijakan dengan tepat
  14. Sikap yang lebih baik dan aspek lain yg dpt mendorong kerja sukses
Tujuan pelatihan: Menyediakan petunjuk yang jelas, serta memeberi tahu kepada peserta pelatihan untuk apa pelatihan tersebut. Kejelasan dari  tujuan pelatihan dibutuhkan bagi:
  1. Trainer:  sebagai pelatih, untuk mengukur progres peserta pelatihan
  2. Peserta latihan: membantu mengurangi rasa kecemasan, lebih konsentrasi, lebih mempersiapkan diri.  Jika tujuannya jelas jelas pula pelatihannya.
  3. Designer : seseorang yang merancang pelatihan
  4. Evaluator: agar tahu pelatihan yang telah dilakukan sesuai atau tdak dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar